Home Uncategorized
38
0
bisnisss

Begitu dasyatnya perkembangan bisnis berbasis digital ini. Saya mencoba menemui salah seorang pemuda, masih mahasiswa, asal Jogyakarta, namanya Tomy Setyawan. Uniknya, Tomy ini tidak sekedar mahasiswa biasa, tetapi lebih tepat disebut pebisnis, owner sebuah online distro dengan brand; Tomtom Distro. Kini bersama Tomtom Distro, lelaki lajang ini mampu membiayai kuliahnya sendiri hingga ‘nyaris’ lulus. Bahkan masih membantu adiknya yang kelas 2 SMA di Jogyakarta.

bisnisss

Iseng. Saya diperkenalkan dengan Tomi oleh seorang teman dan akhirnya kami sepakat bertemu di foodcourt sebuah mall di pusat kota Jogyakarta. Tepat jam 7 malam, saya pesan tempat dan minuman. Tak lama kemudian, si lelaki berkacamata, perawakan ceking datang bersama teman saya.

“Mas Tomy?” sapa saya. Dia mengangguk dan mengambil duduk tepat di depan saya. “Saya tahu dari cerita teman saya, kalau Mas Tomy ini memiliki distro yang cukup unik. Dan yang menarik bagi saya adalah distro online. Tentu ini fenomena yang patut dicoba,” kata saya membuka pembicaraan.

Saya membiarkan teman saya memesan minuman dan makanan. Tomy hanya tersenyum mendengar prolog saya. Hingga akhirnya dia mengangguk dan berkenan menjabarkan sedikit konsep bisnisnya.

“Awalnya dulu kepepet, mas,” lontarnya ringan.

“Wow! Mas tahu; the power of kepepet?” celetuk saya sambil tertawa. “Itu hebat sekali!”

“Iya, pengennya kuliah sambil usaha. Tetapi terbatas modal,” ujarnya. Meski agak klasik kondisinya, tetapi saya penasaran untuk mengoreknya

 

Pasar online memang luar biasa pesat. Masyarakat digital telah menjamah hapir 80% penduduk Indonesia, begitulah data yang dirilis Survey Digital Society (SGS) Indonesia per Januari 2017. Tentu saja, bagi pelaku bisnis, kondisi ini menciptakan peluang cukup besar. Simak saja perkembangan bisnis berbasis teknologi informasi alias digital semakin marak. Aneka jenis barang mulai keperluan dapur hingga fashion diangkut ke e-commerce. Bahkan orang mau beli –maaf—celana dalam saja, bisa sekali klik melalui gadget dan tinggal tunggu di rumah sambil nonton televisi.

Ya! Bisnis yang dilakoni Tomy Setyawan ini memang agak berbeda. Dimana distro online, tak butuh modal besar seperti sewa lapak, dan menggaet pasar spesifik. Menjadi pebisnis memang harus selalu berpikiran out of the box dan memiliki keberanian untuk menyajikan hal berbeda.

Nah! Anda memiliki gagasan apa dalam bisnis?*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here